Rabu, 03 Juni 2009

Ponsel Musik paling baik


Kembali ke tahun 2000-an, saat handphone dengan fitur pemutar music belum semarak sekarang, saat itu keluar seri SE Walkman W550 yang cukup menghebohkan dan terbilang laris manis. Namun yang menarik menurut saya raja multimedia pada saat itu adalah nokia ngage clasic. (sampai sekarang masih nyesel Ngage classic saya dijual)

Ngage clasic mempunyai kedalaman warna yang minimal (TFT 4096 warna - menghemat baterai), OS symbian dan diperuntukan bermain game. Kelebihannya dibanding adiknya Ngage-QD adalah port mini usb dan keluaran suara stereo melalui speakerphonenya. Uniknya keluaran suara Ngage classic ini (pada saat itu) menurut saya paling bagus dibandingkan dengan seri Nokia diatasnya seperti 6600 atau 7610, hanya seri 9500 comunicator yang menyamai keluaran suaranya.

Setelah eranya Nokia XpressMusic, mendengar keluaran suara Nokia 5300 XpressMusic menbuat suara Ngage classic jadi biasa-biasa saja, disini akhir era kejayaan Ngage (sudah tidak dikembangkan lagi oleh Nokia) dan masuk era baru handphone pemutar music.

Saat ini hampir semua merek handphone mengeluarkan seri music phonenya, setelah SE dengan seri Walkman dan Nokia dengan seri XpressMusic-nya, Motorola, LG dan Samsung tidak mau kalah. Samsung mengeluarkan handphine mid-low seri M3510 beat (sebelumnya samsung pernah mengeluarkan seri 'beat' ini, namun tidak populer).

Saya pernah mendengarkan music dari handphone samsung i600(blackjack) melalui speakerphone, suara yang terdengar sangat merdu dan lembut, menurut saya merupakan salah satu yang terbaik. Mungkin suara dari M3510 ini lebih baik dari i600 atau paling tidak mendekati. LG tidak mau kalah dengan keluarnya LG KM200 yang dgembar-gemborkan mempunyai Dolby sound (penasaran juga sama keluaran suaranya - pingin beli tapi baru beli Cookie, bisa-bisa dimarahin istri).

Akan tetapi dengan kemampuan pemutar music harus diimbangi dengan kekuatan baterainya (untuk urusan baterai harus diakui saat ini SE rajanya). Seperti music phone low-end dari motorola w230, untuk memutar music terus menerus hanya dapat bertahan 3 jam saja. Ada kemungkinan untuk LG KM200 juga tidak dapat bertahan lama.

Sepertinya aat ini handphone dengan kemampuan memainkan lagu MP3 sudah bukan merpakan sesuatu yang mewah lagi, sebagai contoh Nokia 1680 Clasic dapat memutar potongan lagu MP3 dengan suara yang tidak jelek. Jadi sekarang ini (walaupun dengan seabrek seri walkman dan XpressMusic) sepertinya belum ada yang bisa dinobatkan sebagai raja multimedia seperti era-nya Ngage classic dulu.

Tanpa maksud menyinggung Apple, dengan slogan iPhone-nya "ini juga sebuah handphone", saya lebih menyukai "ini hanya sebuah handphone", yang fungsi utamanya adalah berkomunikasi dengan suara dan short-message service (sms).
Kalau menurut anda, apa music phone terbaik?

2 komentar:

by TemplatesForYou-TFY
SoSuechtig, Burajiru