Rabu, 03 Desember 2008

Smart Jump : solusi internet mobile..


Awal maret lihat pameran di JCC, akhirnya beli paket Smart-Jump Prabayar, seharga 789rb.., karena dirasa-rasa smart 1x-nya sudah agak lambat2. Dapet bonus paket 6 giga untuk 2 bulan, Overall cukup baik. Speed yang didapatkan juga tidak mengecewakan dari maximal 3,1 Mbps, masih dapat 1-2Mbps.

Saya menggunakan paket prabayar karena "pas as you go", dimana pemakaian dihitung per-kb. 1kb = 0,275rb cukup murah untuk sebuah internet mobile dengan kecepatan EVDO. Saat ini pihak smart juga menawarkan paket unlimited yang harganya bervariasi (untuk paket silver - 512kbps, sebulan cuma 75rb).

Murah dan cepat bukan brarti tidak ada kekurangannya, modem yang didapat kelihatan cukup ringkih dan terlebih jika baterai modemnya rusak/ngedrop apa bisa diganti? Modem terkadang cukup panas terutama bila sinyal lemah atau hanya mendapatkan sinyal 1x. Tida hanya itu kelemahan utama internet mobile adalah ping yang cukup besar (>300ms), kurang menyenangkan bila anda menyukai game online.

Saya juga membandingkan dengan paket Speedy personal, yang kecepatannya 256-512kbs terasa tidak jauh berbeda dengan EVDO smart, malah terkadang merasa speedy sedikit lebih cepat (sebagai info: ping speedy sangat baik <20ms). 

Untuk download Jump jauh lebih baik daripada speedy, sayang kita mendapatkan public ip yang di share dengan banyak orang sehingga bila ingin mendownload dari situs yg membatasi ip seperti rapidshare harus rebutan dan antri, sedangkan speedy sendiri menggunakan private ip sehingga tidak mendapatkan masalah yang berarti

8 komentar:

  1. indosat dong...
    pertama kali ngeluari voucher internet di indonesia.
    Rp 5000 bwt 250menit. jd per menit=rp20, perjam=rp1200... jauh lbih murah dr warnet dan tarif2 lainnya...

    asalkan jaringan 3G kuat(tp indosat gitu, sinyal pasti kuat asal jgn dbwh tanah)..pasti mantep deh...(tp emang masih suka ada mampet2nya sih)

    BalasHapus
  2. iya boz, tapi tergantung kebutuhannya juga kalo time-based 1200 rupiah per-jam, kalo semisal kita pake cuman pake chatting aja, pake data-base mungkin habisnya lebih murah, apalagi chatnya di hp..

    BalasHapus
  3. pingin nyobain smart

    BalasHapus
  4. Sebelum beli paket smart-haier D1200, disarankan beli perdananya dulu Rp.5000, dipasang di hp cdma dual band kaya Nokia N2865, kalo sinyalnya bagus, kemungkinan internetnya juga lancar..

    Kadang masih suka idle, tapi jarang, mungkin karena banyak yang pake smart buat internetan juga..

    BalasHapus
  5. Lumayan lancar... pake haier D1200P-nya smart :)
    tapi pas malam ini, waktu saiia nulis comment ini, keadaan jaringan lagi lemot-lemotnya hiks2..

    BalasHapus
  6. Selama saya pakai modem smart D1200p ga pernah ada problem jaringan ga pernah lemot alias siang malam ok, pertama beli emang kecepatan standar tp setelah coba utak-atik hasilnya setara koneksi speedy 1mb punya teman saya, hasil sudah di komparasi dan teman saya jg sudah mengakui. ini bukan promosi gan, tp kenyataan

    BalasHapus
  7. mengenai smart EVDO..
    ada tiap BTS dapet EVDO??
    kalau gk dapet percuma donk..

    BalasHapus
  8. Yang dapet EVDO kayanya baru Jakarta sama Bandung aja, ga tau juga kalau kota2 besar lainnya udah masuk, speednya skrng lagi naik turun

    BalasHapus

by TemplatesForYou-TFY
SoSuechtig, Burajiru