Senin, 15 Desember 2008

Rusunami bersubsidi, subsidi setengah hati..


Awalnya dapat brosur dari Eastpark, yang katanya "apartemen" bersubsidi dari pemerintah dengan harga murah, mendengat kata "apartemen" terbanyang agak elit, istri meminta ambil satu unit, buat punya dulu karena belum bisa kebeli rumah beneran...

Mei 2008 bunga kpr bank 10%, karena disubsidi jadi cuma 5-7% aja, dengan uang muka 5,4juta selama 4 bulan, harga unitnya 144jt (kalau dicicil 15 tahun kurang lebih keluar biayanya 200jt-an), tipenya 36 (realnya mungkin 32-33m2)..., pembayaran uang muka lancar, dan unit percontohan pun udah jadi bisa dilihat..

Agak kecewa juga setelah melihat unit percontohan yang buat saya tidak kaya rumah, tapi seperti gudang ato "kandang burung", sempit, 2 kamar, dapur gabung sama ruang tamu, kamar mandi kecil banget, Mau saya cancel tapi sudah terlanjur dp 20jt, kalo ngga jadi uang hanya balik separuhnya. Kalo jadi tinggal disitu sama anak istri, pasti tuh rumah sumpek banget

Terakhir pembayaran uang muka adalah bulan Agustus 2008, tapi proses dari bank tidak kunjung tiba..., sampai akhirnya ada krisis moneter dunia, imbasnya ke seluruh bank dunia termasuk bank lokal juga, akibatnya bunga kpr (per-november 2008) naik jadi 15%, Kalo sudah begini biar di subsidi juga masih tetap mahal...

Awal desember, akhirnya di contact bank BNI, kenapa baru sekarang saat bunga KPR sudah naik, kenapa tidak bulan Agustus saat saya selesai bayar dp? Setelah proses melengkapi ini itu, cek data dan segala macam, Bank BNI ragu dengan status kantor saya yang baru jalan 1 tahun, dan gaji dibawah 4jt (gaji diatas 4jt tidak di subsidi)... sebagai perbandingan, di perumnas luas tanah 150m2 bisa dapat 150jt, ini rusun yang tidak ada tanahnya, prosesnya susah dan lebih mahal (mungkin karena bank lebih hati-hati)...

Saya bilang kepada petugas Bank tsb, kalo memang tidak di approve ngga masalah (dengan harapan uang dp di kembalikan penuh)..., Jadi menurut saya ini bukan buat orang-orang seperti saya dengan gaji yang "pas", tidak sesuai dengan targetnya "rusunami bersubsidi" yang diperuntukan kalangan menengah kebawah...

Akhirnya saya minta uang dp kembali per-januari kemarin, dan uang yang dikembalikan hanya 50% - 10,8jt. Ini merupakan pengalaman yang cukup mahal buat saya, kedepannya saya akan lebih hati-hati untuk melakukan kredit rumah.

9 komentar:

  1. kiasannya serem amat kandang burung!!

    BalasHapus
  2. Iya, sangking keselnya soalnya, memang sekarang ga kebeli rumah di daerah jakarta kecuali apartemen (itu pun masih tergolong mahal), akhirnya g batalin dan uang dp cuman kembali separuhnya (10jt)

    BalasHapus
  3. wah gawat ni. gw dah dp komplit lagi, cuma dibalikin separuhnya doang!asem! mana kemarin gw liat pembangunannya brenti lagi. denger2 mau dilanjutin abis pemilu cape deh!!!!

    BalasHapus
  4. wah gawat ni. gw dah dp komplit lagi, cuma dibalikin separuhnya doang!asem! mana kemarin gw liat pembangunannya brenti lagi. denger2 mau dilanjutin abis pemilu cape deh!!!!

    BalasHapus
  5. parah emang si eastpark gak ada komitmen sama sekali ke pembelinya masa kita digantung gini nasibnya mbok ya kasih penjelasan, saya udah bayar dp full tapi gak di approve bank alesannya mesti nambahin dp 15 % lagi, jadi total dp 30%, komitmen dong!!!! gimana kalo kita demo tuh pt cakra...setuju gak, soalnya gw pesimis nih jangan2 nih proyek bangkrut.

    BalasHapus
  6. Saya bandingin sama temen yang mau beli rumah dibogor, sebelum dp pertama, dia sudah langsung diajukan KPR ke bank

    Mestinya dari awal pengembang sudah beritahu, bagaimana konsekuensinya.., surat perjanjian antara kita dengan pengembang tidak dikasihkan, jadi posisi pembeli jadi pihak yang lemah

    BalasHapus
  7. gawat.., blum jadi juga tuh apartement sampai sekarang.., jaman sekarang banyak yg ga bener.., mesti hati2..

    BalasHapus
  8. East Park Apartement memang brengsek Pak Yusuf. Saya juga korban kebrengsekan manajemen east park. Saya sudah jadi customer yang baik dgn bayar DP tepat waktu tapi setelah itu... apartemen ga jelas selesainya kapan, jawaban2 manajemen pun uma bikin kesal karna segala sesuatunya tidak pasti. Saya juga pernah dikasih hitung2an yang aneh sehingga saya diminta untuk menyetorkan uang sejumlah tertentu untuk selisihnya. Saya tidak terima dgn hal tsb, sehingga dgn berbagai kekesalan tsb saya mundur. DP dipotong 50%... ehhh dibayRNYA pun telat tdk sesuai janji. perlu me maki2 dulu manajemennya baru DPnya balik. Sering saya berfikir, itu manajemennya gak takut apa sama hukuman Tuhan? kok seenaknya aja mempermainkan konsumen. bahkan, saya berfikir, dgn manajmen yg asal2an itu mereka bangunnya asal2an gak? kalo ngasal taruhannya nyawa manusia yg menghuni tentunya.. Alhamdulillah akhirnya saya ambil rumah di pinggiran Jkt dgn proses yang jauh lebih mudah dan pembangunannya hampir selesai sesuai waktu yg dijanjikan. KPRnya pun lancar.

    BalasHapus
  9. waduh pak, saya kira saya aja yang alamin ini ternyata banyak juga, saya juga pak kecewa banget selama ini tidak pernah dikabarin dan di telopn juga cuma minta surat ini dan itu dan kayaknya sudah di kasih berkali-kali,hari ini begitu pak Husni Thamrin tlp saya katanya kredit saya tidak di setujui bank dan di tawarin cash bertahap daam waktu 7 hari kalau tidak uang dp saya yang 20 jtan itu hangus, kebangetan banget sudah bertahun-tahun uang saya mendem disitu dan hari ini saya di tlp seperti itu, bener-bener ya east park sangat mengecewakan

    BalasHapus

by TemplatesForYou-TFY
SoSuechtig, Burajiru