Selasa, 26 Mei 2009

Samsung i600 baterai bermasalah: in memorial..


Samsung i600 ini juga dikenal dengan nama lain "Blackjack", karena susah mencari samsung-i780 akhirnya saya ambil i600 ini, mungkin karena stok lama jadi saya hanya mendapatkan 2 baterei kecil (menurut info seharusnya 1 kecil, 1 besar), pada awal maret lalu dengan harganya 2,5jt.

Sudah 3,5G, ada Wifi-nya, dan Windows Mobile jadi jaminan ngoprek sepertinya. Dengan mengurangi brightnessnya daya tahan baterai bisa 2 hari lebih. Agak kecewa saat browsing dengan IE mobile, rendering website tidak sebaik pada komputer, toh untungnya od-nya windows mobile jadi bisa di instal IRIS dan Opera for winmo. Menurut saya layar yang 2,4" ini masih terlalu kecil untuk browsing web. Browsing dengan Opera cukup bagus dan cepat, dengan IRIS juga menyenangkan karena ada virtual mouse-nya. Untuk browsing sangat cepat bila sinyal 3,5Gnya bagus, tapi bila sinyal 3,5nya naik turun (3,5G ke 3g/GPRS, lalu ke 3,5G lagi) akan terasa lebih lambat dibandingkan browsing dengan mode GPRS only (mungkin masalahnya dengan kartu im3 saya).

Yang menarik adalah keluaran suara dari speakernya saat mendengarkan music, saya memang belum membandingkannya dengan Nokia expressmusic atau SE walkman series, tapi paling tidak menurut saya keluaran suaranya salah satu yang terbaik yang pernah saya dengar, tidak terlalu keras tapi sangat bagus

Awal masalah bermula pada saat baterai benar-benar habis, sambil nge-charge saya gunakan untuk browsing, tidak lama kemudian browsing tidak lancar dan putus-putus (saya pikir karena jaringannya lagi jelek). Keesokannya saya kaget karena tidak sampai setengah hari baterai sudah habis, padahal semalam sudah di charge sampai penuh, saya ganti dengan baterai kedua kejadiannya pun serupa. Setelah beberapa hari sering tidak dapat sinyal, kalau di reset/restart normal lagi - baterai agak cepet panas dan habis dalam 1/2 hari walaupun dalam keadaan standby. Rencana awal ngoprek-ngoprek malah tidak kesampaian, padahal Office mobile dan Adobe reader sudah menanti untuk di instal, bahkan wifi-nya pun belum dicoba

Akhirnya dibawa ke Samsung Service centre di Pasific Place, dijanjikan akan selesai dalam 2 minggu, sebabnya karena memaksakan menggunakan baterai yang kecil, seharusnya menggunakan baterai besar (kalo begitu seharusnya dalam paket disediakan baterai besar saja).

Saya sendiri sudah pasrah, kalau tidak dapat diperbaiki, ya sudahlah. Belum ada 2 minggu, kemudian di telpon lagi dari samsung karena tidak dapat diperbaiki mau di retur dengan uang saja. Saya kemudian disuruh membawa kelengkapannya ke Samsung center di tomang. Setelah 1 minggu lebih akhirnya uang di transfer sesuai dengan harga pada saat saya membeli, saya cukup beruntung karena samsung masih memperhatikan aftersales-nya.

Setelah kejadian ini saya pun mereview kebutuhan saya. Saya tidak begitu membutuhkan wifi yang boros baterai dan 3,5G yang jaringannya masih naik turun, yang penting bisa render web dengan baik dan layar lebih besar dari i600 ini (baca: review LG cookie)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

by TemplatesForYou-TFY
SoSuechtig, Burajiru