Rabu, 27 Mei 2009

Antivirus paling ringan (Antivirus vs Performance)


Terkadang hal ini menjadi dilema, kalau kita tidak melakukan update windows dan instal Antivirus, yang ditakutkan adalah banyaknya virus/mailware yang masuk kedalam komputer kita. Ini hanya pengalaman pribadi saya mungkin dalam kasus lain, atau dengan spesifikasi komputer yang lebih baik hal ini tidak terjadi.

Sebenarnya saya pribadi adalah orang yang tidak fanatik terhadap antivirus dan windows update (lebih baik langsung instal sevice pack versi terbaru), saya lebih mendewakan windows restore, atau paling buruk install ulang windows. Alangkah lucunya kalau virus/malware yang bercokol ternyata memakan lebih sedikit resource daripada antivirusnya sendiri.

Tetapi policy dikantor mewajibkan saya menggunakan Antivirus. Berikut berbagai Antivirus yang pernah saya instal tingkat keamanannya berbanding dengan performancenya (1:buruk sekali, 10:sangat baik), dan sekali lagi ini murni hanya merupakan pendapat saya (Saya menggunakan komp AMD Smpron LE-1100 1,9Ghz dan memory 1 Giga, ada kemungkinan jika menggunakan processor intel akan lebih baik karena processor intel lebih baik dalam hal multitasking)

AVG Free: Protection (6/10), Perfomance(5/10) - tidak recomend karena selain berat tidak mendeteksi mailware, hanya virus saja.

Avast Home: Protection (6/10), Performance (7/10) - nyaris sama dengan AVG, hanya saja lebih ringan (memakan resource lebih sedikit)

Avira Home: Protection (7/10), Performance (8/10) - cukup baik untuk pemakaian personal, lebih baik mendeteksi malware dan lebih ringan dibandingkan dengan Avast

Kaspersky Antivirus 2009(3 User): Protection (9/10), Performance(5/10) - resouce banyak digunakan pada saat Kaspersky update database, sempat muncul masalah dan harus repair, nyatanya pas saat repair, tidak bisa di instal dan harus restore windows.

Norton Antivirus - Internet security(3 User): (9/10), Performance(7/10), resource yg digunakan sedikit, tidak ada masalah yang berarti sejauh ini. Saat ini mungkin yang terbaik

Belum semua antivirus dicoba, Norton antivirus yang diclaim memakan resource jauh lebih kecil dari versi sebelumnya. Pada akhirnya semua pilihan ada ditangan kita sendiri.

4 komentar:

  1. jadi kesimpulannya yang mana terbaik dan ringan kaspersky udah jelas berat banget dan tidak sehat untuk desktop tua...

    BalasHapus
  2. avg ringan versi terbarunya.....gw dah coba....manteeeeeep dgabung ma smadav.....

    BalasHapus
  3. mantap lagi eset smart security 5..mak nyus performan & deteksinya...

    BalasHapus
  4. antivirus yang paling bagus untuk scan virus itu Dr.Web .
    kelebihan Dr.Web bisa di check di situs resmi nya, Dr.Web itu antivirus freeware .
    namun av yg satu ini hanya bisa digunakan untuk men-scan virus saja, tidak dapat digunakan utk mem-proteksi komputer...99,99% akan terdeteksi jika menggunakan av ini..
    try it buddy, testes by me :)

    BalasHapus

by TemplatesForYou-TFY
SoSuechtig, Burajiru